Tips Merawat Genset
Untuk mengoptimalkan umur generator Anda ada beberapa hal pokok yang harus menjadi perhatian serius. Hal ini berlaku baik generator Anda menggunakan engine 2-tak, 4-tak maupun genset engine diesel.

* Pastikan oli mesin yang Anda gunakan sesuai dengan kapasitas mesin, tambahkan jika oli Anda kurang dan ganti jika sudah cukup lama Anda gunakan atau dapat dilihat dari kekentalan oli mesin. Pastikan oli yang Anda gunakan adalah oli dengan kualitas yang baik.

* Lakukan pengecekan secara berkala bahan bakar dan air pendingin (untuk yang memakai radiator)

* Selalu dilakukan pencatatan lamanya (jam) pemakaian, untuk memastikan jadwal penggantian olie, filter olie, air filter dan fuel filter.

* Pemanasan mesin dibutuhkan bagi generator Anda, dengan jangka waktu tergantung dari jensis generator tersebut. Bisa seperti engine genset. Jenis generator dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin paling tidak satu minggu sekali. Ini dikarenakan generator menggunakan aki yang membutuhkan pengisian aki yang konsisten. Terlalu lama tidak menghidupkan generator Anda akan menyebabkan aki kosong dan jika Anda membutuhkan sewaktu-waktu tidak akan menyala dan membuat Anda harus menghidupkan dengan tarikan tuas atau sistem recoil.

* Untuk memperpanjang umur generator Anda, gunakan generator dalam kapasitas continous bukan kapasitas maksimumnya. Misalkan generator dengan rated current 2,0 KVA dan Max. current 2,2 KVA sebaiknya digunakan dalam kapasitas maksimal 2,0 KVA atau sekitar 1.600 Watt.

* Gunakan generator dengan pemberian beban bertahap. Jangan beri beban tinggi dalam suatu masa yang sama. Misalkan dengan menghidupkan AC secara bertahap, jangan berbarengan. Silent Genset, dan jenis genset lain bisa rusak karenanya.